Minggu, 03 April 2011

Sambutan Rektor UNSRI Pada MUNAS FoSSEI Juli 2010

Alhamdulillahirobbil’alamin, segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam, karena berkat rahmat dan kasih sayang-Nya, kita semua senantiasa menikmati curahan nikmat yang tak terhitung banyaknya diantaranya nikmat kesehatan, kehidupan serta kesempatan untuk mengembangkan potensi diri sebagai mahluk pribadi maupun mahluk sosial yang selalu tergantung dan membentuk rantai kehidupan yang harmoni, serta menjalankan perannya sebagai kaum akademisi yang selalu memacu diri untuk terus maju menjadi kaum yang berintelektual tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan seluruh pengikutnya yang senantiasa istiqomah dan merindukan bertemu wajah kekasih abadi, Allah SWT.

Hadirin Sekalian,
Perkembangan Ekonomi Islam terutama perbankan dan keuangan Islam di Indonesia bahkan dunia berlangsung sangat cepat. Indikator untuk melihat perkembangan tersebut setidaknya meliputi tiga bidang, yaitu pertama pertumbuhan industri ekonomi dan keuangan Islam seperti perbankan, asuransi, pasar modal, pasar uang, pasar obligasi, keuangan mikro, dan lain-lain, kedua pertumbuhan institusi pendidikan yang membuka program ekonomi dan keuangan Islam, dan yang ketiga,  pertumbuhan kajian-kajian di bidang ekonomi dan keuangan Islam yang ditandai dengan perkembangan buku-buku, jurnal, konferensi, paper, dan sebagainya.

Pengembangan ekonomi dan keuangan Islam harus didampingi oleh proses peningkatan sistem pendidikan, sistem kajian, standarisasi kajian, metode pendidikan, dan kurikulum yang berbasiskan pada pola dan karakter khas Indonesia. Konsekuensi logis dari pemikiran diatas adalah perlunya untuk mencetak dan melahirkan sumber daya insani di bidang ekonomi dan keuangan Islam yang menguasai praktek dan teori ekonomi dan keuangan Islam disertai pemahaman yang komprehensif terhadap kebutuhan ekonomi masing-masing daerah di Indonesia.

Hadirin sekalian,
Kita berharap acara ini mampu memberikan masukan bagi berkembangnya industri perbankan syariah di tanah air, memberikan solusi atas permasalahan yang muncul, menjadi konsolidasi kekuatan intelektual ekonomi syariah yang mampu menghimpun tiga kekuatan : Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) dan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI), sehingga mampu bersinergi, berperan masing-masing dan terus menjadi kontrol dan memberikan masukan bagi perkembangan industri perbankan syariah tanah air serta ekonomi islam pada umumnya.

Dalam kesempatan kali ini juga, izinkan saya selaku Rektor Universitas Sriwijaya, mewakili civitas akademika Universitas Sriwijaya, mengucapkan selamat datang di Bumi Sriwijaya dan menyampaikan apresiasi serta ucapan selamat terhadap terselenggaranya kegiatan ini. Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan baik materi maupun materi sehingga acara ini dapat terlaksana, ucapan terima kasih kepada : Bank Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah, Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam dan Islamic Economic Studies Institute FE UNSRI, terkhusus kepada para sponsor.

Demikian, terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila dalam sambutan ini terdapat hal yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum. Wr.Wb
Rektor UNSRI,


Prof. Dr. Badia Perizade, M.BA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar