Rabu, 06 April 2011

Membuat Ujian Akhir Indah Tiada Akhir


Ujian komprehensif kadang menjadi suatu yang “menakutkan” kalau kita tidak menyiapkan diri menghadapinya, sejenak mari kita tinggalkan segala kecemasan dan ketakutan yang menimpa diri kita, yang perlu kita lakukan adalah ikhtiar membuat “kenyamanan” dalam diri kita, sehingga akan terasa kesejukan tersediri, sehingga kesuksesan mudah kita gapai dengan baik.

Memang grogi, cemas, kwatir yang ada merupakan sifat dasar bagi manusia, tetapi bukan jadi alasan penyikapan dengan rasa ini, yang harus kita pahami bahwa ujian ini adalah bagian dari konfirmasi atas apa yang telah kita pelajari selama ini : mata kuliah inti (core courses) dan penelitian kita sendiri. 

Cara yang terbaik selain sudah paham dengan mata kuliah inti adalah kita memahami betul dengan apa yang kita teliti, siapkan untuk melakukan presentasi, akan tetapi bukan seluruhnya harus kita paparkan, buatlah “lubang-lubang jebakan” sehingga harapan kita penguji akan fokus pada titik tersebut,t etapi tetap saja kita mesti punya persiapan tersebut. Berikut Tips yang bisa diikuti :

Mental Siap Tempur
Hendaknya dibina dan dimantapkan. bagi calon teruji, disamping membina kesehatan jasmani hingga tingkat sehat penuh, juga kesiapan mental sangat diperlukan. hilangkan rasa cemas, takut gagal, grogi, bingung, enggan, dan malas dan perasaan sejenisnya karena perasaan seperti itu akan menjadi penghambat dalam menempuh ujian. sebaliknya rasa mandiri, rasa aku lebih tahu, kejernihan berpikir, keberanian berkomunikasi, kepribadian yang mapan, serta penampilan yang meyakinkan perlu untuk dibina dan dikembangkan serta didemonstarasikan di depan peserta sidang ujian.

Menguasai Skripsi
Menguasai skripsi  berarti menguasai secara menyeluruh dan bagian demi bagian bahkan tiap alinea dan semua istilah yang ditampilkan, dilandasi oleh penguasaan landasan teoritisnya masing-masing beserta contoh dan data yang mendukungnya.

Mengelola Rasa
Selalu pupuk rasa riang dan gembira dibanding terus bersikap kaku dan serius.

Bersikap Akhlakul Karimah
Bersikap sopan dan tertib di hadapan tim penguji akan menambah rasa hormat terhadap anda dan mungkin awal kemenangan anda dalam ujian sidang.

Tanggap Fokus
Perhatikan dan tanggapi pertanyaan penguji secara cermat, hati-hati dan jangan sampai keliru.

Berpikiran Positif
Jangan terpengaruh jika ada isu dosen “killer”, dan jangan gentar duluan. Cukup persiapkan secara maksimal dan persiapkan menghadapi semua tipe dosen yang menjadi penguji anda.

Penampilan "enak"
Berpakaian lengkap, rapi dan menarik juga akan menimbulkan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi anda. Kendatipun aspek ini mungkin tidak masuk dalam kriteria penilaian dalam penentu kelulusan anda.

Menjaga Kesehatan
Jaga kesehatan dengan cara istirahat yang cukup sebelum memasuki sidang ujian. Tenaga yang cukup dan optimal akan membahwa anda mampu berpikir lebih jernih, tenang dalam mempresentasikan skripsi anda, menyajikan data-data serta menjawab dan memberikan penjelasan jika menghadapi segala macam pertanyaan dosen penguji sidang anda.

Yakin dengan Allah
Yakinilah bahwa Allah yang memberikan nilai, maka mintalah pada Dia, optimislah dengan pikiran-pikiran positif, karena bisa jadi itu menjadi do’a untuk kita, perbanyak amal : sedekah, tahajud, duha, sholat sunnah dan dzikrullah

Ikhtiar Sang Bidadari
Minta doakan dengan sang bidadari hidup, bahwa sungguh keridhaan Allah adalah keridhaan yang maha kuasa, lingkar pencipta tak terlepas oleh lingkat keluarga. Keridhaan Allah terletak juga pada do’a sang bidadari pertama yaitu Ibu dan tentu juga minta restu sang ayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar